♥ c.a.n.t.i.k ♥

Sunday, February 6, 2011


Kemarin sore begitu turun dari mobil, saya disapa oleh seorang gadis kecil berusia 4 tahun,anak pemilik rumah makan disebelah klinik.
“selamat sole doktel selli”
Sambil tersenyum, saya menjawab
 “ selamat sore Aura..”

Kemudian dia melanjutkan lagi acara bermain boneka bersama teman-temannya didepan rumah makan. Saat membuka kunci pintu klinik, sayup-sayup saya masih mendengar gadis kecil itu kata pada temannya

“doktel selli cantik ya..”

Saya tersenyum di dalam hati. Lumayan juga sore-sore dapat pujian, walaupun sebenarnya saya sendiri masih bingung, anak sekecil itu memang tahu apa tentang kata cantik. Apakah karena saya hari ini memakai gaun merah muda , sehingga dia mendefinisikan cantik adalah seperti boneka barbie dengan baju-baju berwarna cerah. Atau karena kemarin sore saya memberinya cupcake buatan sendiri sehingga cantik menurutnya adalah setiap wanita yang memberinya kue.

Sampai saat ini memang belum ada batasan yang jelas tentang definisi cantik. Karena sifatnya sangat relatif dan sangat berkaitan dengan selera. Setiap hal yang ada kaitannya dengan masalah selera manusia, biasanya pengertiannya akan bermacam-macam. Seperti juga pengertian untuk kata sifat yang satu ini. Tergantung dari sudut pandang tiap orang dalam mengartikannya, mulai dari batasan tentang cantik secara sempit sampai dengan batasan cantik yang cakupannya lebih luas serta universal.

Iseng-iseng saat tidak ada pasien, saya mengirim broadcast message ke 25 teman pria yang ada di daftar kontak blackberry saya. Pertanyaannya masih seputar definisi cantik. Ternyata bagi mereka, ini topik yang cukup menarik, terbukti dengan jawaban yang panjang lebar yang sukarela mereka berikan serta berlanjutnya broadcast message ini menjadi sebuah diskusi dengan masing-masing penjawab.

Delapan puluh persen mendefinisikan cantik secara fisik, sepuluh persen menjawab dengan definisi secara non fisik dan sisanya menjawab dengan satu kata singkat yang saya tulis diatas: relatif.

Yang mendefinisikan secara fisik hampir seluruhnya berpendapat bahwa cantik itu adalah kulit putih rambut panjang, tubuh tinggi semampai, dan bebadan seksi. Beberapa dari mereka juga menyebutkan contoh publik figur dengan kriteria seperti itu, seperti: Sandra dewi, Nadine chandrawinata, Angelina Jolie dan Megan Fox.




Sedangkan yang mendefinisikan cantik secara non fisik beranggapan bahwa kategori wanita cantik haruslah harum, murah senyum dan enak diajak ngobrol. Kalau tiga kategori ini disatukan mungkin sales parfum lah juaranya yaa..

Bervariasi bukan? Tentunya polling iseng-iseng ini tidak mewakili pendapat secara umum. Masih ada ribuan pria diluar sana dengan pendapatnya yang pasti berbeda. Belum lagi pendapat dari kaum wanita.

Bagi saya sendiri, cantik bukan hanya milik wujud secara kasat mata, karena tidak setiap wanita di dunia ini dianugerahi kecantikan fisik sesuai standar umum. Tetapi cantik juga berhak diterapkan kepada kecerdasan intelegensia maupun emosional yang diwakili oleh setiap perilaku yang serba positif dan mengesankan, serta terpancar dari kepribadian menarik seorang perempuan. Bagi saya,inilah satu-satunya bentuk kecantikan yang tak akan lekang dimakan waktu.

Salah seorang sahabat saya salah satunya. Secara fisik, dia tidak setinggi dan seputih kriteria cantik sesuai polling di atas. Tapi dia punya senyum manis dan tutur kata yang ramah. Dari pertama bertemu dan kemudian berbincang-bincang dengannya, saya langsung merasakan aura positif yang membuat obrolan menjadi sangat menyenangkan. Tidak heran, cukup banyak pria yang jatuh hati padanya.

Memang jenis cantik yang satu ini membentuknya sedikit butuh waktu yang agak lama. Karena merupakan hasil dari suatu proses pembentukan kepribadian manusia yang sifatnya kontinu dan berkembang, dengan tidak mengabaikan kesehatan, kecantikan, dan keindahan fisik itu sendiri. Tentunya tidak secepat membeli produk kecantikan di counter kosmetik. Tetapi bukan hal yang mustahil untuk mewujudkannya.

Ketika hampir menyelesaikan artikel ini, blackberry saya berkedip menunjukan ada balasan broadcast message tambahan. Mungkin dari salah seorang teman yang kemarin sibuk sehingga baru sempat membalas sekarang.

“ cantik adalah apabila seorang dokter mau membeli produk obat dari perusahaan kami. Kebetulan sedang ada diskon untuk beberapa produk dok.. “


Saya baru sadar ternyata kemarin tanpa sengaja broadcast message itu juga terkirim pada seorang detailer obat rekanan saya.

Untuk definisi cantik yang satu ini saya sudah tahu sekali maksudnya apa.. ^^

2 comments:

Unik dan Spesial said...

Waah, blognya keren pisan... lucu lagi... salam kenal, saling berkunjung yuk, dan bertukar link...

shirley yulianti darliana said...

waah..terimakasih..siap! segera ke TKP..salam kenal jg..nice 2 know you.. ^^